Saturday, November 5, 2011

Beda Generasi

Jika ditanya, apakah ada yang salah dengan generasi ini?? jujur aku bingung harus menjawab apa. buatku sendiri generasi anak muda sekarang ini bukan salah tapi "aneh"; aneh karena cara-cara yang ada pada generasi ini beda dengan generasi pada jamanku. tapi apakah karena perbedaan ini yang men'sah'kan untuk menyebut mereka salah? tentunya tidak menurutku.

Kuamati, anak jaman sekarang dengan mudahnya menggampangkan segala sesuatunya. penilaian mereka terhadap sesuatu yang kuanggap penting justru sekenanya saja. cara mereka menjalani hidup juga sekali lagi aneh buatku. banyak anak yang mulai tidak punya hati melihat sekelilingnya yang menderita, kalaupun ada itu hanya sebatas cuapan di mulut mereka. keinginan mereka besar dan tinggi bahkan mungkin melebihi bintang. namun jika melihat usaha mereka, layu rasanya, semangat yang hanya seperti ledakan saja dan ketika ditiup angin maka padamlah. hanya sebagian kecil saja yang mampu bertahan.


Dalam hal hubungan, lebih aneh lagi menurutku. tidak peduli cewek atau cowok aku rasa sama saja. dengan gampangnya mereka bilang 'putus' karena masalah-masalah yang sepele. bahkan terkadang bukan karena masalah namun keinginan. sudah bosen katanya. generasi ini atau aku kah yang gila? aku yang menganggap bahwa kesetiaan adalah satu hal yang perlu diperjuangkan, bukan sesuatu yang dapat dibeli atau dinilai kadarnya dari sekedar rasa sesaat. kesetiaan bagiku adalah kehormatan. sudahkah kesetiaan itu hilang pada jaman ini??

Namun sekali lagi aku mencoba membatasi diriku sebagai seorang yang mengamati dan bukanlah hakim yang membenarkan atau menyalahkan segala sesuatu. apa yang ada disini hanyalah sebuah pandangan dari ukuranku. dan kalau menurutku generasi ini aneh, aneh juga kah bagi Anda? ingat, generasi muda ini bukanlah generasi yang sama dengan jaman dikala kita muda.